Minggu, 09 Oktober 2016

Pengalaman PTS-1 di Labschool

Tanggal 3 Oktober sampai 7 Oktober, siswa-siswi SMP Labschool jakarta mengikuti PTS-1. Hal ini diadakan untuk melihat hasil belajar siswa-siswi selama setengah semester ini, 8F dipisah menjadi 2, absen 1 sampai 18 berada di ruang 17 alias kelas 7B sementara absen 19 sampai 36 di ruang 18 yaitu kelas 7c. saya duduk meja paling belakang deretan meja guru, bersama adik kelas perempuan bernama nesia. Selama PTS siswa siswi dipulangkan lebih cepat dari biasanya yaitu pukul setengah dua belas.

Hari pertama PTS-1, kami mengerjakan soal Bahasa Indonesia dan pendidikan Agama dan budi pekerti, berhubungsaya bukan islam alias Non-muslin saya mengerjakan soal yang berbeda. Jam pertama kita mengerjakan soal Bahasa Indonesia dan kita diberi waktu selama dua jam, saya mengerjakan sebisasaya dan hanya memakan waktu selama 1 jam lalu saya sempat mengorbol dengan adkel yang duduk disebelah saya lalu saya tidur. Dan saya mengalami hal yang menurut saya biasa aja tapi buat orang lain itu memalukan. Saya tertidur, dan saat bel pertama saya tidak bangun karena tidur terlalu pulas. Lalu akhirnya saat dibangunin dan satu kelas menertawakan saya, Lalu jam kedua kita mengerjakan Agama, saya mengerjakan soal agama hindu yang dibuatkan oleh pak gusti, kita diberi waktu selama satu setengah jam, namun hanya sepuluh menit untuk saya mngerjakan soal tersebut karena menurut saya itu soal yang lumayan mudah. Dan saya tertidur lagi. Hehe.

Hari kedua PTS-1, kami mengerjakan soal Matematika dan Prakarya, saya selalu datang paling pagi, jadi saya belajar sendiri dulu pagi-pagi, setelah sudah pada datang, baru kami belajar bersama, saya mengerjakannya awalnya mudah-mudah saja, akhir-akhirnya pusing sendiri dan saat bel pertama berbunyi saya bahkan belum melingkari apa-apa di kertas LJK, lalu pas bel kedua berbunyi, saya selesai mehitamkan lingkaran –lingkaran di LJK, jam kedua kita mengerjakan soal prakarya. Yang menurut saya lebih sulit daripada matematika, serius deh, susah.. yang akhirnya saya menggunakan logika dan hopefully nilainya ga jelek-jelek amat.
Hari ketiga PTS-1, kami mengerjakan soal bahasa inggris dan pendidikan kewarnegaraan, saat mengerjakan saya sedikit kesuliatn pada bagian bahasa inggris karena tidak terlalu mengerti dengan kata kerja - kata kerja ganti dan lain-lain, namun saya masih bisa mengerjakanya dengan lancar. Lalu saat pkn saya sedikit kesulitan tentang negara – negaranya karena saya sedikit terbalik-terbalik memilih jawabannya.

Hari keempat PTS-1, kami mengerjakan soal  ilmu pengetahuan alam yang dibagi biologi dan fisika serta soal seni budaya yang dibagi menjadi seni budaya musik dan seni budaya rupa, jam pertama kami mengerjakan soal ilmu pengetahuan alam terlebih dahulu, dan menurut ini adalah materi PTS-1 paling sulit, saya masih bisa mngerjakan biologi namun fisikanya sangatlah sulit. Saya mengerjakannya setengah hidup – mati, saya bahkan hampir menangis saat mengerjakannya. Lalu saat mengerjakan seni budaya rupa dan musik, saya b maja soalnya menurut saya itu masih bisa menggunakan logika dan sejenisnya


Hari terakhir PTS-1, kami mengerjakan soal ilmu pengetahuan sosial dan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan alias penjasorkes. Saat mengerjakan ilmu pengetahuan sosial saya biasa aja karena saya mempelajarinya dengah sungguh – sunggu, lalu saat mengerjakan pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan alias penjasorkes tersebut saya sedikit bingung karena ada hal yang tidak saya pelajari lalu keluar.

16 komentar: